Saturday, July 8, 2017

NHW#6 - Belajar

Oh c'mon. I have postponed doing this for like..5 days??



I remember I have talked about time management to my self. I remember we've had a deal about "waktu mama belajar" after Lateefa's asleep. I do remember we've reschedule this and that and endless changing every morning? Okay. I was once so clumsy and let things scattered. I still do, until now. Such upsetting progress and bitter truth to accept but well, it happens. I often ask myself, kapan sih bisa stick to the schedule? Kapan sih bisa keep your words, kalau mau masak ya masak, kalau mau main ya main, kalau mau belajar ya belajar. Kayanya, dan pastinya, saya terlalu banyak ecuse ke diri sendiri, terlalu banyak ga bisa nya, terlalu longgar sama komitmen yang sudah dibuat sama diri sendiri. Sampai kapan siih mau gitu yaa?

Hari ini kedatangan oma-oma di kelas Basic 3. Ini bikin diri makin ciut dan takut ngajar di kelas itu gegara ada sepuh kan yaa.. dan saat ninggalin kelas, seperti biasa kan high five sama students. Pas hifive sama beliau, oma genggam tangan saya agak kenceng and said "than you very much for today miss". Ya ampun...rasanya..seneng bisa diterima ilmunya sama Oma, seneng lihat oma masih punya semangat belajar. Saat itu juga, langsung memutuskan untuk ngerjain NHW disela-sela break ngajar.

Lihat Oma Siska tadi jadi bilang ke diri sendiri : ga apa-apa jadwal minggu ini berantakan karena selasa-sabtu ngajar, ga apa-apa minggu ini ngajakin main Lateefa terus pagi-pagi sampe siang, ga apa-apa ninggalin dia pas tidur siang sampai jam 8 malam sama eninnya (5-6 jam sehari ninggalin anak dari yang ga pernah itu perjuangan banget..hats off buat mamak-makak kerjaaa hu hu..nangis nih ngetiknya), ga apa-apa minggu ini cuma masak dua sayur buat Lateefa which is sop and capcay, basic food banget ya. Ga apa-apa Dit.. karena masih ada minggu depan. Masih ada minggu depan where you can cook with olive oil, where you can cook stir fry instead of cooking things deep fried. Masih ada minggu depan buat nyelipin kalimat "makasih ya A udah kerja buat aku dan teteh" atau simple "i love you" di bekel suami. Masih ada minggu depan buat olahraga. Bersyukur dikasih kelas..banyak kelas berarti banyak nabung..(or banyak pengeluaran? haha!) Amiiin buat nambah nabung aja yaa..

Intinya tu belajar dan belajar. Karena minggu ini jadwal acakadut banget, including ngerjain NHW di hari SABTU saat ISTIRAHAT yang sebenernya ngga banget buat gw ngerjain NHW hari Sabtu karena paciweuh sama kelas tapi gimana lagi, daripada Minggu atau Senin dini hari kan? Makin ga ada waktu lagi secara next week ngajar lagi. Duuh.. Jadi mending hari ini pas istirahat. OK balik ke topik awal. Karena minggu ini jadwal sangat amat berantakan, mari membuat list jadwal untuk minggu ini. Sebelum nulis jadwal, kasih note to self dulu achievement yang dibuat diri sendiri ya Dit, kan di atas udah ditulis semua aib loe minggu ini (hiks).

+ Nyapu pel tiap hari
+ Nyuci setrika 4 hari berturut-turut
+ Main sama Lateefa anpa gardget!) dari jam 9-12 atau 9-13
+ No kopi sachet, jajan di luar cuma 2x
+ Ngajar selasa-jumat 2-7, sabtu 9-4 tapi bisa tetep masak buat suami dan anak (wii! clap clap)


Karena mau terus belajar, ada beberapa poin yang saya mau achieve minggu ini di rumah buat suami, anak, dan diri saya sendiri.

Yang mau diachieve minggu ini di dapur :
* Masak tumis pakai olive oil
* Deep fried cookings 2x aja
* Ganti garam Himalaya
* Masak sayur selalu buat Lateefa


Untuk suami <3 :
* Bawain ketimun terus atau lalap
* No teh manis tiap hari (limit to 3 times a week aja)
* Give him lunch note 2-3 times a week
* Ga usah repotin nitip kopi Tuku atau bihun goreng

Untuk anak :
* Baca buku lagi 10 menit aja ga apa-apa
* Kasih new vocab in English and Arabic
* Belajar pakai Flash Card (lagi)
* Berhitung in Arabic
* Nyanyi salawat lagi sebelum tidur
* Biasain baca doa setelah makan

Untuk diri sendiri :
* Olahraga jalan aja deh kalau capek lari
* No salt di 3-4 makanan a week
* Plant based eating, steamed food is better
* Lanjutkan mencuci pakai tangan
* Nyapu pel senin-kamis setiap hari (lagi)

Now, the biggest thing. How and when are we gonna do it, Dit? (gulp)
Mari tulis jadwal yang ga muluk-muluk.

05.30-06.30 Waktu buat solat dan diri sendiri. Kalau pas bangun jam 5, lebih bagus. (yang ga pernah banget sebenernya dari liburan. zzzz)
06.30-07.00 Beberes atas (nyapu, beresin makanan, rapiin setrikaan, matiin lampu, buka pintu jendela atas) Note : minggu ini mau nambahin beresin sampah pagi-pagi.
07.00-07.45 Masak, plus nemenin Lateefa main sambil masak di bawah. Entah selama ini bertahan kaya gimana, dari marah-marah, ngasitau pelan-pelan, ga jadi masak, I manage to cook and have time with Lateefa sambil masak. Alhamdulillah kalau mama nemenin atau suami nemenin juga. (makasi mama dan suami :* )
08.00-08.30 Makan bareng di meja makan, nemenin suami sampai berangkat. Kalau Lateefa tiba-tiba pupup atau mood dia mau mandi, jangan lupa minta maaf sama A Kicky karena ga nemenin dia pagi-pagi.
09.00-12.00 M A E N . Ini main tipe 1 alias outdoor activity atau bisa juga waktu belajar dia.
Jadi, di waktu dia main sama anak tetangga, ke Alfamart, nyiram bunga, nemenin nyapu di luar, main di luar pokoknya. Di waktu ini juga diselipkan pelajaran juga buat Lateefa, atau sekedar gunting atau shape tracing atau dot-to-dot activity, apa aja deh. Atau sekedar nemenin dia bikin kalung gelang.
12.00-13.00 Beresin rumah dari berantakan yang positif (hahaha! bilang gini ke diri sendiri untuk encourage myself karena beresin mainan itu raweswes alias ga beres-beres). Makan siang.
13.00-14.00 Istirahat. Lateefa nonton atau main stiker sendiri atau gambar atau main sama eninnya kalau dia mau.
14.00-15.30 Tidur siang. Kalau ga tidur siang, bawa dia ngankot..maka dia akan tidur tapi bedanya mamanya ga tidur dan ga selonjoran. (been there kan buibu?)
16.00-19.00 Main tipe 2 yang full indoor. Kalau pagi udah 'belajar', jam ini ga usah 'belajar'. Nemenin Lateefa aja pokoknya dan ga nonton, no gadget involved.
19.30-20.00 Siap-siap tidur, waktu bebersih malem buat Lateefa. Cuddling di kasur sambil nunggu papanya pulang.
20.30-21.30 Waktu bebas. Kalau Lateefa belum tidur biasanya kita nyemil duaan di kamar. Kalau Lateefa udah tidur, beresin setrikaan atau nyapu sedikit biar rumah rapi pas suami pulang.
22.00 Suami pulang. Kalau ga lelah, ngobrol. Kalau lelah say goodnight and sleep dan berbagi cerita the next day di meja makan.


Phew. Selama ini bisa survive hidup dengan jadwal acak-acakan, pas bikin jadwal begini langsung bertanya-tanya "Kok bisa bertahan ya? Ga capek beberes terus tiap hari? Itu beneran maen melulu sama Lateefa? Ga capek apa udah capek fisik ditambah marah-marah sama anak atau suami?"

Coba, dicoba dicoba stick to the schedule. Minggu ini lumayan seneng juga karena bisa ngirit uang jajan. Karena last week bikin list pengeluaran and I stick to it, alhamdulillah. Ga melenceng jauuuh banget kaya biasanya. Next week mesti beneran bisa nglakuin jadwal di atas. Bismillah. Semangat Dita! Inget aja, ga ada waktu telat untuk belajar. Ga pernah ada. Enjoy the process Dit, this will shape you to better version of yourself. Dan NHW#6 Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal itu takes time. It takes courage, dedication, persistence, and your presence. Ikutan IIP beneran kado buat diri sendiri di umur menjelang 30 ini.

Jangan lupa, rajin nabung demi berlian tahun depan. Hahhaha~! Berliannya apa cobaaaa??? Nanti deh dikasitau yah. Hehhee. Bye for now.

No comments:

Post a Comment